Tips Ampuh Mengetahui Toko Online Penipu

Tidak disangkal lagi internet membuka peluang yang besar bagi para penipu untuk melancarkan aksi-aksinya, bahkan tak sedikit yang menjadi korbannya. Meski begitu, kita tak bisa memvonis begitu saja semua toko online yang ada di Internet adalah toko online penipu. Mungkin benar, penipuan yang anda alami menyisakan trauma yang sangat mendalam, terlebih anda telah kehilangan jutaan bahkan hingga puluhan juta rupiah.

Dan untuk yang sering berbelanja online namun belum pernah tertipu, tips ini bisa membantu anda agar penipuan tidak terjadi kepada anda. Karena kita tidak tau kapan hari naas itu akan kita alami.

Sementara bagi anda yang belum pernah sama sekali berbelanja online, tips ini harus anda baca dan anda terapkan untuk setiap awal transaksi jual beli yang akan anda lakukan pada suatu toko online (yang baru anda kenal khususnya). Terlebih transaksi yang anda lakukan nilainya hingga jutaan. Maka sangat kami sarankan untuk melakukan percobaan terlebih dahulu untuk membuktikan apakah toko online tempat anda membeli produk benar-benar aman dan bukan toko online penipu.

Buat kamu yang pernah tertipu oleh salah satu dari banyaknya toko online yang ada di Internet, kami akan memberikan sedikit tips buat kamu bagaimana caranya mencegah penipuan agar tidak terulang kembali.

Berikut adalah beberapa tips berbelanja online disitus-situs toko online. Terutama bagi anda yang memang belum memiliki pengalaman berbelanja online sama sekali.

Tips Aman Berbelanja di “Situs Jual Beli Massal” (OLX atau Tokobagus, Berniaga, Kaskus, dan sebagainya)

Anda tahu situs jual beli massal? Maksud kami, situs jual beli online yang memberikan lapak secara gratis kepada para pedagang online dengan mengumpulkan banyak sekali para pedagang untuk menjajakkan dagangannya pada situs tersebut. Jadi, pada situs tersebut tidak hanya ada satu pedagang saja, namun ada ratusan bahkan ribuan pedagang online. Situs toko online seperti ini tidak akan memberikan jaminan keamanan kepada para pelanggan seperti anda, yang ingin membeli produk. Karena ada banyak penipuan didalamnya. Meski tidak semua pedagang pada situs tersebut adalah penipu. Tapi, jangan sampai membahayakan diri kita pada situs-situs tersebut.Perlu diingat, beberapa situs jual beli massal seperti ini biasanya menggunakan sistem “Verified Member” atau “Verified Seller” untuk membantu para pelanggan seperti anda yang ingin membeli produk agar lebih aman dan terhindar dari penipuan. Tapi kami tekankan sekali lagi, sistem seperti ini tidak sepenuhnya mampu mengurangi tindak kejahatan penipuan.

Situs jual beli massal seperti ini sangat tidak kami rekomendasikan untuk membeli secara transfer dan melakukan pengiriman barang melalui jasa ekspedisi (seperti JNE dan Tiki misalnya). Karena kemungkinan terjadi penipuan sangatlah besar. Namun, jika anda memang ingin membeli suatu produk pada situs jual beli massal seperti ini, sangat kami rekomendasikan untuk menggunakan sistem COD (Cash on Delivery) atau tatap muka langsung. Ajak penjualnya bertemu langsung disuatu tempat dan lakukan proses jual beli pada lokasi yang sudah disepakati diantara kedua belah pihak. Kami sarankan juga tempat yang dijadikan transaksi harus ramai dengan banyaknya orang yang berlalu-lalang (namun jangan terlalu ramai). Misalnya cafe, dsb.

Ya, dengan cara seperti ini kekurangannya adalah anda tidak bisa membeli produk yang lokasi penjualnya berada diluar kota. Tapi paling tidak anda sudah terbebas dari penipuan.

Contoh-contoh situs seperti ini adalah Tokobag*s.com, Berni*ga.com, Kask*s.co.id, dan situs jual beli massal lainnya (Catatan: * berarti sensor). Jangan tertipu dengan promosi dan kata-kata iklan baik di TV atau disurat kabar mengenai berbelanja online yang menyenangkan. Karena anda bisa terjebak didalamnya.

Tips Aman Berbelanja di Jejaring Sosial (Facebook, Twitter, dsb)

Ada banyak orang yang menjajakkannya melalui situs jejaring sosial. Facebook terutama. Para pedagang berbondong-bondong membuat akun, grup Facebook atau bahkan Fanspage Facebook untuk memasarkan dagangannya. Kami tekankan, jangan mudah percaya dengan pedagang yang tidak mau keluar modal. Mengingat membuat Facebook, grup ataupun fanspage bisa dilakukan secara gratis. Ingat, toko online yang profesional adalah yang mau keluar modal seperti misalnya memiliki website dan domain sendiri (domain: Misalnya .com, .net, .org, dan sebagainya). Bagaimana anda bisa mempercayai toko online yang bahkan tidak mau mengeluarkan uang sedikitpun untuk membeli/membuat website atau domain dan memiliki toko online sendiri? Kalaupun anda tetap ingin membeli produk pada jejaring sosial seperti Facebook, tanyakan kepada member facebook yang pernah membeli produk pada fanspage tersebut bagaimana kualitas pelayanannya, dan apakah produk benar-benar dikirim? Tentu sangat mudah dalam menemukan member facebook yang pernah membeli produk kepada admin fanspage tersebut. Lihat saja komentar yang ada pada produk yang dijajakkan.

Tips Aman Berbelanja Online di “Toko Online Mandiri” (Rakuten, Lazada, DjualMurah.com, dll)

Toko online seperti ini misalnya Lazada, Rakuten, dan banyak lagi. Termasuk contoh situs jual beli online seperti ini adalah DjualMurah.com sendiri. Toko online seperti ini ada banyak di Internet yang menjajakan dagangannya sendiri (bukan melalui pedagang lain). Produk yang dijual adalah produk mereka sendiri. Sebenarnya ada banyak (bukan hanya yang kami sebutkan diatas saja) blog-blog atau website yang menjajakan dagangannya secara online dengan menggunakan website sendiri. Bahkan kami adalah salah satunya. Jika ingin aman berbelanja pada toko online seperti ini, caranya berbeda dengan yang digunakan pada situs jual beli massal atau situs jejaring sosial. Anda tidak bisa meminta atau bahkan memaksa seller/penjualnya untuk melakukan COD (Cash on Delivery) atau tatap muka langsung. Karena tidak semua toko online memberikan layanan COD (meski ada beberapa yang memberikan layanan COD).

Kenapa toko seperti ini tidak memberikan layanan COD? Tentu saja karena banyaknya orderan yang harus diproses dan dikirimkan. Pihak penjual atau pemilik toko online seperti ini tidak memiliki banyak waktu untuk mengantarkan barang atau tatap muka kepada anda karena mereka harus memproses banyaknya orderan yang masuk. Selain itu, mereka juga harus melayani banyak customer atau pembeli yang menanyakan produk baik melalui SMS, BBM, telpon, live chat, dan sebagainya. Tatap muka (COD) atau mengantarkan barang langsung hanya akan membuang-buang waktu. Akibatnya penjual akan keteteran dan banyak customer tidak terlayani, serta banyak orderan yang akan tertahan/tertunda pengirimannya.

Selain itu anda juga tidak bisa bertanya kepada orang yang pernah membeli di toko online seperti ini. Kenapa? Alasannya karena toko online seperti ini memang “harus” dan “berkomitmen” untuk menjaga hak-hak privasi para pelanggannya. Mereka tidak akan menyebarkan data privasi pelanggan mereka seperti alamat, nomor ponsel, atau bahkan akun Facebook mereka. Karena jika data privasi pelanggan disebarluaskan, maka para pelanggan akan merasa dirugikan dan pelanggan bisa saja melaporkan serta menuntut hal ini ke pihak berwajib.

Untuk anda yang tertarik membeli produk di situs seperti ini, sebaiknya anda melakukan uji coba atau test untuk mengetahui apakah toko online seperti ini merupakan toko online penipu atau bukan.

Cara melakukan uji cobanya adalah: Sebelum membeli barang utama yang ingin anda beli (yang harganya tentu lumayan mahal), lakukanlah uji coba. Yaitu dengan membeli sebuah produk yang murah (usahakan semurah mungkin yang bisa anda temukan pada situs tersebut) lalu membelinya. Lakukan pembayaran seperti biasa atau seperti yang diinstruksikan pada toko online tersebut. Tunggu pengiriman barang tiba dirumah anda.

Jika paket tidak sampai juga bahkan setelah beberapa waktu lamanya, maka jangan pernah melakukan transaksi lagi pada toko online tersebut (rugi memang mengeluarkan uang untuk melakukan uji coba, tapi lebih baik rugi sedikit daripada rugi banyak, bukan?).

Namun jika paket atau produk yang anda beli ternyata anda terima, maka toko online tersebut aman dan bukan penipu. Anda bisa melanjutkan dan membeli produk utama yang sudah anda incar dan dipastikan sudah aman untuk anda beli. Bahkan seterusnya bisa mempercayai situs tersebut sebagai toko online terpercaya dan dilain waktu anda bisa membeli produk apapun pada toko online tersebut (bahkan tanpa harus mengujinya terlebih dahulu).

Lalu bagaimana jika pada toko online tersebut tidak menjual satupun barang yang murah untuk dilakukan uji coba? Situs seperti ini biasanya menjual perangkat gadget atau eletronik yang harganya jutaan namun sangat murah bahkan jauh dibawah rata-rata harga normal (Misalnya Blackberry Z10 yang harga normalnya 7 juta dijual dengan harga hanya 4 juta). Tentu siapapun akan tertarik jika melihat harga produk yang jauh lebih murah dibandingkan harga normal. Dan biasanya penjual mengaku kalau produk ini adalah produk BM (Black Market), produk Batam, dsb. Namun perlu anda ketahui, itu jangan dijadikan sebagai daya tarik untuk membeli produk tersebut pada toko online itu, tapi justru harus menjadi kecurigaan kita. Jika tidak ada produk murah yang bisa anda beli dan dijadikan uji coba sebelum membeli, maka tinggalkan toko online tersebut. Beralihlah ke toko online lain yang menjual produk mulai dari harga yang sangat murah hingga yang mahal. DjualMurah.com misalnya yang menjual tidak hanya produk mahal namun juga produk-produk yang murah. Lakukanlah uji coba apapun kepada kami (DjualMurah.com) dan kami siap menerima tantangan uji coba anda untuk membuktikan bahwa kami bukanlah situs toko online penipu. Karena kami benar-benar akan mengirimkan setiap produk yang anda beli kerumah anda.

Dengan cara seperti ini kekurangannya: anda memang masih akan tertipu namun nominal uang yang hilang dan membuat anda merugi sangatlah kecil (50 ribuan, mungkin). Dan selain itu anda juga memang harus mengeluarkan uang. Tapi percayalah, itu lebih baik daripada anda harus kehilangan uang hingga jutaan rupiah. Dan setelah anda membuktikan toko online yang terpercaya dan benar-benar mengirim, anda bisa berbelanja apapun pada toko online tersebut dengan lebih aman dan merasa nyaman tanpa membuat anda gelisah dan jantung berdebar. Sekaligus anda juga menemukan satu toko online terpercaya yang terbukti mengirim produknya kepada pelanggan.

Beberapa dari anda mungkin berpendapat:

Toko online seperti ini bisa saja menipu. Pembelian awal dengan harga murah dikirim, namun setelah membeli produk dengan harga mahal paket/produk tidak dikirim

Jika anda memang berpendapat seperti itu, coba kita pikirkan dengan menggunakan logika. Toko online seperti ini, yang menjual banyak barang dengan harga murah dibawah Rp 100.000. Dengan asumsi anda bisa saja membeli produk apapun dari ratusan atau bahkan ribuan produk yang terdapat/tersedia di situs toko online seperti ini. Penjual tidak akan bisa menebak produk apa yang akan anda beli. Ditambah lagi, jumlah pembelinya bukan hanya anda, tapi ada puluhan, ratusan atau bahkan ribuan pembeli dari seluruh Indonesia karena target pasar/market toko online adalah seluruh Indonesia. Jika penjual bisa memproses orderan anda, berarti penjual juga bisa memproses orderan dari pembeli lainnya. Itu berarti, penjual menyediakan banyak stok bukan hanya dari produk yang sama seperti yang anda beli, tetapi juga dari produk lainnya yang tersedia di toko online tersebut. Dari sini bisa kita ambil kesimpulan bahwa penjual mengeluarkan/menginvestasikan banyak uang untuk menyediakan berbagai macam produk dengan stok yang banyak untuk memenuhi permintaan atau pembelian dari ratusan atau bahkan ribuan pembeli di seluruh Indonesia. Jadi logikanya, apakah penipu mau menginvestasikan banyak uang hanya untuk menipu dengan cara seperti ini? Jika dipikir-pikir, mereka justru sudah bisa mendapatkan banyak keuntungan dari modal yang sudah mereka keluarkan untuk menyediakan dan menjual produk murah! Logika lainnya bisa baca disini.

Itu saja tips dari kami saat ini. Kami yakin tips diatas menjawab semua kekhawatiran anda saat berbelanja atau membeli produk secara online karena takut adanya penipuan. Dengan tips diatas anda akan terbebas dari penipuan. Tentu saja jika anda menerapkan tips tersebut. Sampai jumpa…

Ryan Friska Arisandhi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *