Cara Memberantas Tikus dalam Rumah – Kelebihan dan Kekurangannya

Ada banyak cara memberantas tikus yang ada di dalam rumah. Mulai dari jebakan tikus yang bikinan sendiri alias hand made, sampai yang canggih berupa jebakan listrik atau elektrik. Ada pula jebakan dalam bentuk lem dan racun tikus. Namun diantara semua itu mana yang paling ampuh, dan apa kelebihan dan kekurangannya?
Cara Memberantas Tikus dalam Rumah - Kelebihan dan Kekurangannya

Tikus zaman sekarang semakin pintar. Mereka kadang tau kita memasang jebakan tikus, dan kadang mereka juga tau bahwa itu adalah racun tikus. Namun apa lebih dan kurangnya? Berikut kami ulas.

1. Jebakan Tikus Model Jepit

Perangkap tikus yang satu ini bekerja dengan menaruh umpan pada perangkap tikus berupa makanan yang disukai tikus. Tikus yang mengambil umpan tersebut akan terjepit. Tikus akan langsung mati seketika karena terjepit antara dua plat besi yang bergerigi tajam.

Namun kekurangannya, tikus yang mati akan mengeluarkan darah yang mengotori sekitar. Padahal kita merasa jijik dengan tikus, apalagi darahnya. Kalau-kalau ada bakteri yang berbahaya bagi kesehatan kita dalam darah tikus.

2. Racun Tikus

Bekerja dengan cara meracuni tikus. Racun dalam bentuk umpan tikus yang wujud dan baunya seperti makanan tikus, memancing tikus untuk memakannya. Umpan yang telah dimakan akan meracuni tubuh tikus dalam beberapa menit sampai beberapa jam, hingga akhirnya tikus pun mati.

Namun kekurangannya, tikus tidak langsung mati begitu memakannya, membuatnya sempat berkeliaran ke tempat lain. Sayangnya, kalau-kalau tikus tersebut matinya di tempat-tempat yang sulit terjangkau, atau bahkan sama sekali tidak terdeteksi dimana lokasi tikus itu mati. Hal ini bisa membuat bau bangkau di sekitar kita. Selain itu, tidak menutup kemungkinan umpan tikus juga dimakan oleh hewan peliharaan kita, yang membuat kucing atau anjing kita jadi ikutan mati.

3. Perangkap Kerangkeng

Adalagi perangkat kerangkeng yang lebih murah. Perangkap ini biasanya sangat sederhana. Dibuat untuk menjebak tikus agar tidak bisa keluar begitu tikus-tikus pengerat itu masuk. Untungnya, tikus tidak akan mati sehingga tidak mengotori dan membuat bau sampai kita memang berniat membunuhnya.

Kekurangannya, kita yang tidak tega membunuh binatang bingung bagaimana cara melenyapkannya, karena kita tidak tega membantingnya atau membunuhnya. Selain itu, tikus-tikus zaman now juga sudah pada pintar, sehingga kadang mereka tidak terjebak.

4. Perangkap Tikus Elektrik / Setrum

Yang satu ini yang paling ampuh diantara lainnya. Bekerja dengan cara memberikan umpan makanan tikus ke dalam alat elektrik. Tikus yang masuk akan langsung tersetrum begitu menginjakkan kakinya dalam perangkap dan tikus mati seketika. Kita juga tidak perlu repot mencari lokasi tikus mati, karena tikus jelas mati di perangkap tersebut. Selain itu juga tidak meninggalkan darah.

Kekurangannya adalah, perangkap tikus elektrik biasanya dijual dengan harga mahal, bisa mencapai Rp 500 ribuan, bahkan lebih. Namun ampuh! Jika tertarik anda bisa membelinya disini.

5. Lem Tikus

Lem tikus bekerja dengan cara menjebak tikus. Tikus yang melewati lem ini tidak akan bisa bergerak karena kaki dan bahkan badannya akan lengket di lem tersebut.

Kekurangannya, tikus itu tidak mati sehingga kita yang tidak tegaan bingung bagaimana melenyapkannya. Selain itu, perangkap tikus ini bisa salah sasaran, hewan peliharaan kita juga ikut lengket di lem tikus.

Itulah beberapa jenis perangkap tikus yang bisa anda gunakan. Ada kelebihan dan kekurangannya, jadi pastikan mana perangkap tikus yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Ryan Friska Arisandhi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *